Nominasikan Kota Anda di Sustainable Transport Award 2018

By March 16, 2017ITDP IN NEWS, News, What We Do
Pemenang tahun 2017,  Santiago, Chile, sukses meningkatkan infrastruktur sepeda dan pejalan kaki di pusat kota hingga area metropplitan. Photo Credit: Claudio Olivares Medina
Pemenang tahun 2017, Santiago, Chile, sukses meningkatkan infrastruktur sepeda dan pejalan kaki di pusat kota hingga area metropplitan. Photo Credit: Claudio Olivares Medina

Pemenang tahun 2017, Santiago, Chile, sukses meningkatkan infrastruktur sepeda dan pejalan kaki di pusat kota dan area sekitarnya. Photo Credit: Claudio Olivares Medina.

 

STAWARD.ORG

ITDP bersama dengan komite internasional yang terdiri dari para ahli transportasi dunia mengundang Anda untuk menominasikan kota Anda untuk mengikuti Annual Sustainable Transport Award.

Pendaftaran untuk nominasi telah dibuka dan akan diterima secara online di staward.org hingga 17 April 2017.

Tahun ini, kota Santiago, Chile, memenangkan penghargaan ini karena terdapat perubahan besar dalam peningkatan ruang pejalan kaki, bersepeda dan juga transportasi publik. Kota Santiago mendesain ulang beberapa jalan untuk membatasi gerak mobil, juga meningkatkan akses pejalan kaki, pesepeda dan transportasi publik. Kualitas dan skala transformasi yang tinggi dari proyek-proyek ini, juga fakta dimana di setiap proyek ini didukung juga dengan perubahan kebijakan, program edukasi dan peningkatan dalam moda transportasi sepeda membuat Santiago tak diragukan lagi keluar menjadi pemenang.

Di bulan Juni ini, Santiago akan menjadi tuan rumah dari MOBILIZE Summit ITDP, yang diadakan setiap tahun di kota pemenang. MOBILIZE akan membawa 200 ahli transportasi perkotaan internasional, perencana pengembangan perkotaan, praktisi, pemerintah, peneliti kelas dunia dan perwakilan NGO dari seluruh dunia untuk saling berbagi kesempatan, tantangan dan belajar dari Santiago sebagai contoh terbaik dalam menerapkan ruang bagi pejalan kaki, sepeda dan transportasi publik serta kebijakan-kebijakan yang mendukungnya. Kota pemenang yang baru, akan menjadi tuan rumah MOBILIZE di tahun 2018 mendatang.

yichang_20151228_itdpchina_006

Pemenang tahun 2016, Yichang, China berhasil membangun sistem BRT dan desain jalan untuk pejalan kaki dan sepeda berkualitas tinggi. (Photo credit: ITDP China)

9-de-Julio_after

Pemenang tahun 2014, Buenos Aires, Argentina menggantikan 6 jalur dari 20 jalur untuk mobil di Avenue 9 de Julio dengan koridor bus berkualitas tinggi di median jalan. (Photo Credit: City of Buenos Aires)

“STA mengakui kepemimpinan politik yang berani. Ini bukan tentang menobatkan kota transportasi terbaik di dunia, namun merayakan perubahan visi yang positif yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di perkotaan,” ungkap Michael Kodransky, ketua komite STA, “Banyak sekali hal luar biasa yang terjadi di kota-kota yang tidak dikenal sebagai contoh baik dalam penerapan sistem transportasi, STA dan MOBILIZE adalah sarana yang bagus untuk memperkenalkan kota-kota ini, dan juga kesempatan bagi kita yang bekerja dalam sistem transportasi berkelanjutan untuk belajar dari inovasi-inovasi yang dilakukan oleh kota-kota ini.”

Sejak 2005, Sustainable Transport Award telah mengakui kepemimpinan yang mempunyai visi mendalam di transportasi berkelanjutan dan kehidupan perkotaan. Strategi-strategi ini dapat meningkatkan mobilitas masyarakat, mengurangi efek rumah kaca dari transportasi dan emisi polusi udara serta meningkatkan keselamatan dan akses bagi pejalan kaki dan pesepeda. Penghargaan ini diberikan kepada sebuah kota di setiap bulan Januari sebagai pencapaian dari tahun sebelumnya. Pengajuan sebuah kota menjadi salah satu nominator dapat diajukan oleh berbagai pihak termasuk pemerintahan, organisasi masyarakat juga institusi akademik. Pemberian nominasi harus disertai dengan data proyek yang terverifikasi dan informasi tentang kontak yang dapat dihubungi di kota tersebut.

Pemenang STA 2018 akan diumumkan di MOBILIZE Santiago pada tanggal 30 Juni. Pemenang dan honorable mentions akan menerima penghargaannya di acara penghargaan dan resepsi di Washington, DC selama konferensi Transport Research Board berlangsung.

Kota-kota kecil maupun kota-kota besar di seluruh dunia sudah diakui oleh komite sebagai contoh terbaik dalam penerapan transportasi berkelanjutan. Pemenang-pemenang sebelumnya meliputi Yichang, China; Buenos Aires, Argentina; Mexico City, México; Medellín, Colombia; San Francisco, United States; Ahmedabad, India; Seoul, South Korea; dan Bogotá, Colombia. Daftar lengkap kota-kota pemenang dengan detail yang menjelaskan faktor-faktor yang membuat mereka jadi pemenang dapat dilihat di staward.org

Sustainable Transport Committee meliputi para ahli dan organisasi yang disegani dan telah bekerja di seluruh dunia dalam pengembangan transportasi berkelanjutan:

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang MOBILIZE, dapat mengunjungi mobilizesummit.org.

English version