PUBLICATION

 Standard & Guide

 

Location

-Any-

OK

Cancel


 

STANDARDS AND GUIDELINE

 

Women and Children’s Access to the City

ENG

Perempuan dan anak-anak menghadapi tantangan yang lebih besar dalam mengakses pekerjaan, pendidikan, dan kesempatan rekreasi yang ditawarkan di kota-kota. Untuk menjelaskan masalah ini dan merumuskan indikator yang peka terhadap gender, ITDP Brasil berfokus pada Recife, ibu kota Negara Bagian Pernambuco, di Brasil bagian timur laut, untuk mengembangkan laporan ini yang berfokus pada wanita, terutama mereka yang pengasuh anak, antara usia 17 dan 70 tahun, dan tinggal di daerah berpenghasilan rendah. (read more)

 

Access For All: Access and Gender

ENG

Laporan inimengeksplorasi bagaimana sistem transportasi gagal memperhitungkan pola dan kebutuhan mobilitas yang beragam di antara berbagai jenis kelamin. Ini memberikan pemangku kepentingan kunci dari masyarakat sipil, otoritas subnasional, organisasi donor, dan pemerintah nasional dengan gambaran singkat tentang aspek gender mobilitas berkelanjutan dan serangkaian rekomendasi untuk mempromosikan tindakan yang responsif gender. (read more)

 

Women and Transport in Indian Cities

ENG

Pembangunan kota yang berkelanjutan akan tetap sulit dipahami tanpa mengintegrasikan keselamatan, kenyamanan, kenyamanan, dan keterjangkauan perempuan dan anak perempuan dalam transportasi perkotaan. Mengatasi ini, dan sebagai yang pertama dari jenisnya, sebuah makalah tentang Perempuan dan Transportasi di Kota-Kota India diciptakan oleh ITDP India Program dan Safetipin (read more)

 

Pedestrians First: A New Tool for Walkable Cities

ENG

Pedestrians First: A New Tool for Walkable Cities merupakan dokumen yang akan memfasilitasi pemahaman dan pengukuran fitur yang mempromosikan walkability di lingkungan perkotaan di seluruh dunia pada berbagai level. Dengan pemahaman global yang lebih baik tentang walkability, dan pengukuran yang lebih konsisten dan sering dari walkability lingkungan perkotaan, pengambil keputusan akan diberdayakan untuk memberlakukan kebijakan yang menciptakan wilayah perkotaan yang lebih dapat dilalui. (read more)

 

The BRT Standard (2016)

ENG  IND

BRT Standard merupakan alat bantu evaluasi koridor BRT berdasarkan implementasi terbaik (best practices) dengan standar internasional. BRT Standard juga menggabungkan poin-poin inti dari para perancang BRT ternama dunia untuk menetapkan definisi yang konsisten mengenai BRT serta untuk memastikan koridor-koridor BRT dapat memberikan kepuasan bagi pengguna, mempunyai manfaat ekonomi, serta berdampak positif pada lingkungan sekitarnya… (read more)

The BRT Planning Guide

ENG

Bus Rapid Transit Planning Guide adalah sebuah sumber yang paling komprehensif tentang sistem bus rapid transit (BRT). Dengan lebih dari 7 jilid dan 33 bab, BRT Planning Guide menyediakan best practice dan panduan teknis dari tahap merencanakan sebuah sistem hingga bagaimana mempertahankannya. BRT Planning Guide dimaksudkan sebagai dokumen panduan untuk perencanaan untuk para profesional. Meski begitu, NGO (non-governmental organization), para pembuat kebijakan tingkat nasional dan regional (read more)

 

TOD Standard 3.0

ENG IND

TOD Standard 3.0 adalah sebuah upaya penyempurnaan kawasan transit menjadi complete communities. Membangun kawasan transit yang dapat dihuni oleh beragam level pendapatan dan dengan beragam fasilitas publik di dalamnya. TOD Standard dibuat berdasarkan pengalaman bertahun-tahun dari banyak organisasi di seluruh dunia termasuk ITDP sendiri. Dokumen ini mencoba memformulasikan pola pembangunan yang memaksimalkan manfaat dari sistem angkutan umum, juga secara tegas mengembalikan fokus pembangunan (read more)

 

Rekomendasi Panduan Penataan Fasilitas Pejalan Kaki di Jakarta

IND  ENG

“NMT Vision & Design Guideline” adalah panduan desain fasilitas pejalan kaki ini disusun untuk melengkapi rencana perbaikan dan peningkatan trotoar dan akses pejalan kaki di Jakarta. ITDP Indonesia menyusun panduan ini berdasarkan hasil pengalaman terlibat langsung dalam asistensi teknis Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta sehingga isi panduan merupakan penerapan desain yang sudah disesuaikan dengan beragam kasus yang ditemui di Jakarta. Tidak hanya itu, sejumlah standard baik nasional maupun internasional juga telah…(read more)

 

Rekomendasi Desain Integrasi Stasiun Transjakarta, MRT & LRT

IND

Kekhawatiran akan terjadinya kompetisi antarmoda angkutan umum dalam melayani penumpang antara layanan rail-based transit (LRT & MRT) dengan Transjakarta, harus dialihkan menjadi kolaborasi dan integrasi layanan angkutan umum, agar dapat saling menunjang satu sama lain. Seluruh angkutan umum di bawah Pemprov DKI wajib bersinergi supaya target kolektif yaitu 60% perjalanan di kota Jakarta menggunakan angkutan umum dapat tercapai. Integrasi antara layanan LRT, MRT dan Transjakarta perlu meliputi (read more)

 

Rekomandasi Tahapan Integrasi Sistem Pembayaran Angkutan Umum

IND

ITDP merekomendasikan langkah strategis dalam pembenahan manajemen angkot, revitalisasi armada, sistem pembayaran angkutan umum yang sejalan dengan program OK-OTRIP (yang sekarang disebut dengan Jak Lingko) penerapan sistem tiket berbasis waktu, dan manajemen rute untuk mewujudkan konsep satu tarif satu kali perjalanan (read more)

 

 

Rekomendasi Panduan Kebijakan Penyelenggaraan Bikeshare di Jakarta

IND

Adanya inisiatif dan potensi investasi dari swasta dalam penyelenggaraan peminjaman sepeda berbasis aplikasi wajib dikelola oleh Pemprov DKI sehingga dapat menjadi solusi perjalanan menuju dan beranjak dari stasiun angkutan umum massal. Beberapa persyaratan operasional terkait jumlah sepeda, penyediaan parkir sepeda, dan pelaporan data, perlu diberikan oleh Pemprov DKI kepada operator DBS sebagai syarat atas penerbitan izin usaha yang bertujuan untuk menjaga ketertiban di ruang jalan, memastikan keselamatan pengguna (read more)

 

Rekomendasi Memosisikan Transportasi Online dalam Keterpaduan Moda di Jakarta

ENG

Pemprov DKI perlu memastikan layanan transportasi online tidak berkompetisi dengan angkutan umum dan transportasi online dalam keterpaduan moda di Jakarta memfungsikannya sebagai angkutan pengumpan terhadap layanan angkutan massal yang disediakan. Keterbukaan data perjalanan dari operator transportasi online juga perlu dilakukan untuk sinergi perencanaan sistem transportasi dan penataan wilayah di DKI Jakarta. (read more)

Evaluasi Terminal Parkir Elektronik dan Rekomendasi Perbaikan Sistem Parkir On-Street

IND

ITDP mengusulkan adanya pergantian teknologi yang digunakan dalam parkir on-street data perparkiran menyusul tidak efektifnya penggunaan terminal parkir elektronik (TPE) yang digunakan sekarang dalam pengelolaan manajemen parkir dan lalu lintas. Sistem TPE yang diusulkan harus dapat menunjang transparansi, pencatatan transaksi parkir secara elektronik dan pemantauan kinerja tiap juru parkir. (read more)

 

Mengendalikan Jumlah Kendaraan Melalui Pembatasan Parkir

IND

Kemacetan kendaraan sesungguhnya lebih erat hubungannya dengan perparkiran, dibandingkan dengan jumlah kendaraan melalui pembatasan parkir untuk bangunan di kawasan TOD kapasitas ruas jalan. Pemberlakuan jumlah parkir maksimum (bukan minimum seperti yang ada di peraturan saat ini) perlu dilakukan untuk bangunan baru di sepanjang ruas Sudirman – Thamrin. Dengan pembatasan parkir, Jakarta dapat mengalihfungsikan setidaknya 630.000 m ruang parkir terbangun untuk menjadi ruang 2 kegiatan yang (read more)

Optimalisasi Sistem Dockless Bikeshare di Perkotaan

ENG  IND

Sistem dockless bikeshare meningkatkan visibilitas dan menempatkan sepeda perkotaan dalam berbagai kota di seluruh dunia. Perusahaan dockless bikeshare mengklaim untuk menyediakan bikeshare secara menguntungkan bagi pihak kota (yaitu, tanpa subsidi) dan menciptakan potensi bagi bikeshare untuk menjadi pilihan transportasi yang cepat terukur di kota-kota. ITDP menciptakan sebuah ringkasan kebijakan yang dapat diaplikasikan oleh pemerintah kota yang telah atau akan memiliki sistem dockless bikeshare di kota mereka (read more)

 Kampung Kota Bersama

IND  ENG

Program Kampung Kota Bersama merupakan program yang diinisiasi oleh ITDP Indonesia untuk membantu menata sejumlah kampung kota di DKI Jakarta untuk lebih ramah terhadap pejalan kaki dan juga pesepeda. Dalam proses pendampingan yang dilakukan, ITDP menggunakan metode community development sehingga terjadi kolaborasi dengan warga kampung. (read more)

 

 

Pedoman Integrasi Antarmoda di Jakarta

IND   ENG

Pembangunan infrastruktur angkutan umum yang sedang terjadi di Jakarta memerlukan integrasi yang baik untuk memudahkan penumpang berpindah antarmoda. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan prinsip desain integrasi guna mencegah konektivitas yang buruk antarmoda. Maka, ITDP Indonesia mengeluarkan panduan praktis dalam mengintegrasikan moda-moda transportasi yang telah ada di Jakarta. (read more)

 

 

Garis Besar Panduan Reformasi Angkutan Umum di Indonesia

IND   ENG

Kegagalan kota – kota besar di Indonesia untuk menyediakan angkutan umum yang baik, ditandai dengan kondisi angkutan umum yang semakin buruk dengan turunnya kualitas layanan dan penurunan jumlah penumpang angkutan umum.  Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah karena tidak bisa dipungkiri bahwa angkutan umum masih dibutuhkan dan masih memiliki potensi untuk dikembangkan. Melihat fenomena ini, ITDP Indonesia mengeluarkan sebuah panduan berjudul, “Panduan Reformasi Angkutan Umum di Indonesia”. (read more)

 

Menata Ulang Transportasi di Jabodetabek

IND

Dokumen ini merupakan rekomendasi dari Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) Indonesia sebagai panduan Gubernur DKI Jakarta untuk mengintegrasikan transportasi di kawasan Jabodetabek. Dalam dokumen ini ITDP Indonesia menekankan integrasi, konektivitas, serta kelembagaan yang menyeluruh dalam menata ulang transportasi di kawasan lintas provinsi ini. (read more)

 

Konsep Integrasi Fisiki Transjakarta – MRT Fase 2

IND

MRT Jakarta Fase 1 akan mulai beroperasi pada tanggal 1 April 2019. Bentuk integrasi fisik di MRT Fase 1 dengan Transjakarta dapat dilihat di Halte MRT-Transjakarta Bundaran HI. Rencana MRT Fase 2 pun juga mulai terdengar. ITDP Indonesia merangkum potensi integrasi fisik MRT Jakarta Fase 2 dan Transjakarta dalam laporan “Konsep Integrasi Fisik: Transjakarta – MRT Jakarta Fase 2” (read more)

 

REPORTS & OPINION ARTICLE  

Rekomendasi Rencana Aksi Integrasi Operator Angkutan Kota Medan Dengan Sistem BRT

Rencana implementasi sistem angkutan massal yang terintegrasi di Kota Medan sudah dimulai sejak tahun 2017, dan di tahun 2018, rencananya akan dilakukan proses lelang dan transaksi melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).  Atas dasar tersebut ITDP, yang merupakan organisasi yang independen, dan memiliki pengalaman dalam  mendampingi pemerintah-pemerintah kota di negara lain dalam mengimplementasikan  BRT, berusaha untuk memberikan pendampingan untuk proses transisi – yaitu proses agar operator angkutan umum dan pemerintah dapat berdialog dan bekerjasama untuk membangun BRT di Kota Medan. (read more)

Laporan Implementasi Integrasi Sistem Direct Service Jakarta

IND

Laporan ini ditulis untuk menggambarkan rencana implementasi dan investasi yang diperlukan untuk penerapan layanan sistem Direct Service Transjakarta, dengan beberapa detail desain infrastruktur dan aksesibilitas untuk Transjakarta Koridor 1 dan 6. Laporan ini ditulis oleh ITDP sebagai bagian dari Project “Implementing Low Carbon Public Transport in Jakarta” yang didanai oleh Renewable Energy and Energy Efficiency Program (REEEP). Sebagian dari pekerjaan ini juga didanai oleh AUSAID melalui INDII dan MRCagney.

Laporan Desain Perbaikan Konektivitas dan Peningkatan Kenyamanan Pejalan Kaki di Pusat Kota Medan

IND

Laporan ini dibuat sebagai bantuan teknis ITDP Indonesia untuk perencanaan sistem transportasi berkelanjutan dalam bentuk rekomendasi konsep dan desain untuk perbaikan fasilitas pejalan kaki di Kota Medan. Hal ini didasarkan pada kondisi eksiting Kota Medan yang kurang dalam kualitas dan kuantitas fasilitas pejalan kaki. ITDP Indonesia menilai sudah saatnya Kota Medan malakukan perbaikan fasilitas pejalan kaki untuk menciptakan aksesibilitas yang lebih tinggi dan menarik orang untuk berjalan kaki (read more)

Laporan Peningkatan Jaringan Transportasi Berbasis BRT di Banda Aceh

IND ENG

Laporan ini merupakan hasil studi dari kondisi di Banda Aceh saat ini yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk pengembangan sistem BRT layanan langsung (direct service). Laporan ini bertujuan untuk memperbaharui laporan PFS yang telah dikerjakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh dengan melakukan analisa dari data hasil survey rumah tangga serta jumlah kendaraan dan penumpang di beberapa titik di Kota Banda Aceh. (read more)

Posisi Becak dalam Keseharian Ibu Kota

IND

Sebuah kota besar seringkali berorientasi pada kendaraan bermotor pribadi, termasuk Jakarta. Ketika apapun mengusik status quo mobil dan jalannya, misal saat jalur khusus Transjakarta dibangun atau seperti sekarang penghidupan kembali becak, selalu akan menjadi isu besar dan ramai dibicarakan dan diperdebatkan. Kalau mobil atau motor yang menambah beban ruang, kemacetan, dan emisi memenuhi jalan ibukota didiamkan, kenapa kehadiran becak yang diperdebatkan? (read more)

Penerapan Konsep Shared Street di Dunia

IND

Istilah ‘shared street’ bukanlah sebuah kata yang sering didengar oleh orang awam. Istilah ini memiliki akar dari Bahasa Belanda. Istilah shared street berasal dari kata ‘woonerf’ yang memiliki arti harfiah ‘living street’. Shared street merupakan konsep penataan kawasan yang pertama kali diimplementasikan di Belanda. Ide dasar dari konsep ini ialah, penggunaan ruas jalan oleh berbagai pihak dan moda transportasi namun tetap memberikan prioritas kepada pejalan kaki dan pengguna sepeda. (read more)

Dunkirk, Kota Perancis yang Membebaskan Biaya Sistem Transportasi Umum Bagi Warganya

IND

Ketika Patrice Vergriete berkampanye demi mendapatkan posisi Walikota Dunkirk pada tahun 2014, ia memiliki visi untuk membawa Dunkirk menjadi sebuah kota berkelanjutan yang dapat memikat dan melayani berbagai kalangan. Maka ia membuat janji kampanye yang dilihat berbagai pihak sebagai langkah yang radikal, yaitu membebaskan biaya bus umum bagi penumpang. (read more)